Senin, 01 Juli 2013

PROPOSAL TRAINING DAN OUT OUND SMT


Silabus Program Pelatihan
Saat ini, kegiatan Outbound atau Outbound Manajemen Training semakin digemari oleh banyak kalangan, karena Outbound merupakan salah satu metode pembelajaran melalui Experiental Learning. Meski dalam bentuk aplikasi game­-game yang ringan, setiap game dalam kegiatan Outbound mengandung makna yang dalam, filosofis, dan sarat akan pesan-pesan simbolik yang bermanfaat serta membangun karakter ke arah kesuksesan dalam kehidupan, baik kesuksesan di tingkat individu maupun kesuksesan tim/kelompok.
Metode Outbound dipercaya bukan hanya merupakan sebuah tren dalam metode pelatihan, namun telah dikaji sebuah metode yang paling efektif dalam mengakomodasi / kebutuhan tuntutan terhadap hasil suatu pelatihan. Banyak pula yang menganggap, bahwa meyakini metode ini efektif dalam membangun pemahaman terhadap suatu konsep dan membangun perilaku. Itulah alasannya mangapa dalam quantum learning, metode ini menjadi metode andalan di dalam belajar dan terbukti berhasil.
Banyak pakar psikologi dan pendidikan yang menyatakan bahwa outbound sebagai sebuah metode pembelajaran sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan/tuntunan terhadap hasil pelatihan tersebut.
Ada berbagai alasan mengapa metode SMT (Spiritual Motivation Training)
dipakai, antara lain :
  • Metode ini adalah sebuah simulasi kehidupan yang komplek yang dibuat menjadi sederhana. Pada dasarnya segala bentuk aktivitas di dalam pelatihan adalah bentuk sederhana dari kehidupan yang sangat kompleks.
  • Metode ini menggunakan pendekatan metode belajar melalui pengalaman (experiental learning). Oleh karena adanya pengalaman langsung terhadap sebuah fenomena, orang dengan mudah menangkap esensi pengalaman tersebut.
  • Metode ini penuh kegembiraan karena dilakukan dengan permainan. Ciri ini membuat orang merasa senang di dalam melaksanakan kegiatan pelatihan.
  • Mengapa “OUTDOOR” ? Pendekatan dengan aktifitas outdoor dapat mengakomodasi pembelajaran model orang dewasa yaitu belajar dari apa yang dialami (action), yang mana praktisasinya dihubungkan (Reflection) dengan permasalahan hidup sehari-hari. Pelatihan dengan media outdoor memberikan beberapa nilai tambah, metode ini terbukti efektif . Karena berbeda dengan pelatihan dalam ruangan (indoor) yang konvensional dan hanya menyentuh aspek kognisi saja. Ruang terbuka (Outdoor) merupakan media atau prasarana yang memberikan keleluasaan baik pada gerak fisik (psikomotorik), maupun emosi (afeksi) dan berpikir (kognisi) bagi pesertanya.



  • Sedangkan Metode Pembelajaran Orang Dewasa dipilih karena orang dewasa dalam belajar memiliki beberapa ciri, antara lain :
ü  Tidak menyukai suasana yang formal, karena suasana yang formal dalam belajar mengekang proses berpikir. Sedangkan bila suasananya informal dapat terjadi pertukaran ide secara luas.
ü  Orang dewasa selalu ingin memecahkan masalah, aktifitas diluar ruang selalu memiliki problema yang menantang untuk dipecahkan.
ü  Orang dewasa akan mengalami kemajuan bila menghadapi masalah-masalah yang nyata, dan dapat mempraktekkan apa yang dimilikinya untuk memecahkan masalah tersebut.
ü  Orang dewasa selalu mencari manfaat dari apa yang dialaminya.
TEMA PROGRAM TRAINING
  • Pengembangan Kerjasama Kelompok ( Team Building/ Work )
  • Pengembangan Kepemimpinan ( Leadership )
  • Pengembangan Budaya Organisasi ( Culture Development )
  • Pengelolaan Komunikasi ( Managing Communication )
  • Perencanaan Strategi ( Strategic Planning )
  • Pengembangan Diri ( Personal Development )
  • Pemecahan Masalah ( Problem Solving )
  • Pengembangan Kepercayaan Diri ( Self Confidance )
Selain Tema Program yang telah baku diatas, kami juga menyediakan paket pelatihan berdasarkan pesanan, dimana klien dapat menentukan “tema” kemudian kami akan mendesain pelatihan yang sesuai dengan tujuan tema tersebut.
MAKSUD DAN TUJUAN PROGRAM
  • Mengetahui dan memahami adanya “individual differences” yaitu tiap individu adalah unik.
  • Mampu melakukan penilaian pada diri sendiri “Self Assessment” bahwa kekuatan diri ada pada tangan kita sendiri dan pada pilihan-pilihan kita.
  • Meningkatkan kepekaan “Self Awareness” terhadap orang lain.
  • Meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian mengambil resiko “Risk Taking Behavior”.
  • Meningkatkan ketrampilan komunikasi.
  • Mampu membuat perencanaan dengan pertimbangan resiko dan konsekuensinya.
  • Mampu membentuk tim yang efektif / kekompakan.
  • Meningkatkan kemampuan kepemimpinan.
  • Menumbuhkan sikap ksatria dan sportif.



SASARAN PROGRAM
  • Program Pelatihan Eksekutif (Eksecutive Training Program)
Program Pelatihan Eksekutif dirancang sebagai media untuk mengenal kemampuan diri (analisis internal), mengenal kondisi luar (analisis eksternal), menyusun berbagai strategi, mengkomunikasikannya dan mengimplementasikannya.
  • Program Pelatihan Staff Administrasi (Administratif Staff Program)
Program Pelatihan Staff Administrasi (Administratif Staff Program) dirancang sebagai media untuk mengenal kemampuan diri, dan kondisi lingkungan, serta sebagai media untuk mengembangkan kerjasama dan kualitas kinerja.
  • Program Pelatihan Profesi (Profesion Training Program)
Program Pelatihan Profesi (Profesion Training Program) dirancang sebagai media untuk mengenal kemampuan diri dan kondisi lingkungan, menyusun langkah kerja (strategi), melatih melakukan terobosan (inovasi), serta mengembangkan profesionalisme.
  • Pogram Pelatihan Pemuda/Pendidikan/Organisasi (Youth/Education/Organitation Planning Program)
Pogram Pelatihan ini dirancang dengan memanfaatkan berbagai tantangan dan petualangan yang menarik sebagai media untuk mengenal kemampuan diri (analisis internal), memformulasikan dan mengimplementasikan strategi, serta melakukan berbagai terobosan (inovasi) dan meningkatkan kemampuan bekerja dalam tim.










BENTUK   PRODUK PROGRAM PELATIHAN:
1.     Leadership Training dan Training Managemen  Organisasi

Program pelatihan ini mengasah jiwa kepemimpinan yang terdapat pada diri peserta. Permasalahan-permasalahan yang ada perlu dihadapi oleh peserta dengan pengambilan keputusan yang berkualitas. Kepercayaan diri, kemampuan untuk memimpin kelompok, kemandirian dan kemampuan untuk mengayomi dari para peserta akan digali dan dipelajari sebagai suatu bekal dalam kepemimpinan mereka di kehidupan sehari – hari. Pelatihan ini sangatlah berguna bagi mencari bakat pemimpin yang terpendam.

2.     Training UAN Sukses
Training indoor yang dirancang agar peserta memiliki motivasi dan persiapan secara mental untuk menghadapi event ujian (Ujian Nasional).3 hal yang perlu di persiapakan yaitu:Spiritual,Mental,Modalitas Belajar.

3.    Training Ramadhan Ceria
Training yang mengajak peserta  untuk lebih mengenal tugas dan kewajiban Manusia sebagai mahluk yang di ciptakan Allah.Mengenal triologi kehidupan manusia.Menyeimbangkan IQ,EQ,SQ sebagai manusia yang seimbang dan hebat.
4.    Public Speaking
Pelatihan yang bertujuan untuk memberi wawasan dan praktik kepada siapapun yang inggin menjadi seorang pembicara handal.Siap menjadi seorang yang handal dalam berpidato dan presentasi .Menjadi Singa panggung mempengaruhi audiens.
5.    Character Building
Program ini menunjukakan bahwa kerjasama adalah suatu hal yang mutlak diperlukan dalam pencapaian tujuan. Berbagai permasalahan akan dihadapi oleh peserta dimana mereka tidak mungkin menghadapinya sendiri. Saling tergantung, kerjasama, pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari pelatihan ini. Program ini sangatlah cocok bagi suatu perusahaan/organisasi  yang biasa bekerja dalam suatu tim kerja.
6.     Out Bound Ceria
Pelatihan ini akan banyak mempergunakan alam bebas (out door) sebagai medianya. Para peserta akan mempelajari semua materi dari kegiatan atau games yang akan diadakan di alam terbuka. Program ini akan dilakukan dengan komposisi 70% di alam terbuka dan 30% diskusi kelompok (group discussion) sebagai penunjang dari setiap kegiatan.Refreshing dan pembentukan karakter akan menjadi target Out Bound Ceria
7.     Motivasi Hidup
Training yang berusaha mengajak kita menyikapi hidup dengan bersyukur.Menemukan potensi diri kita yang harus kita asah dan di kembangakan menjadi potensi diri yang berharga sekaligus bermanfaat.Selain itu dalam training ini kami mengajak untuk menentukan setting dream yang akan kita capai.
8.     Optimalisasi Kecerdasan
Training ini adalah sebuah training yang bertujuan untuk menemukan potensi kecerdasan,potensi diri kemudian mengasahnya untuk mendapat mengarahkan manusia mencapai prestasi tertinggi.Training juga akan berusaha menemukan gaya belajar seseorang (Visual,Audiotory,Kinestetik) yang menjadi kekuatan dalam belajar sehari-hari,baik di lingkungan sekolah atau di lingkungan sekitar kita.


Selain Program pelatihan yang telah baku diatas, kami juga menyediakan paket pelatihan berdasarkan pesanan, dimana klien dapat menentukan “main-goalnya” kemudian kami akan mendesain pelatihan yang sesuai dengan tujuan tersebut.



GAMBARAN PROGRAM  SMT (SPIRITUAL MOTIVATION TRAINING)
  • Media kegiatan yang digunakan adalah aktifitas dalam ruang dan luar ruangan. Karakteristik kegiatan juga disesuaikan dengan tujuan program yang ingin dicapai dalam program training tersebut
  • Kegiatan yang dilakukan mengikuti kaidah Safety Procedure, yang dijalankan mulai dari Briefing dan persiapan, latihan dan pelaksanaan aktifitas.
  • Didampingi Instruktur yang berpengalaman dan memiliki kualifikasi sebagai “Outdoor Training Expert” .
Dengan metode pembelajaran eksperiental atau lebih dikenal dengan “Learning by Doing”, Peserta akan dihadapkan dengan keadaan yang nantinya dapat diimplementasikan di dalam kehidupan sehari – hari, dan juga membuat pemahaman terhadap suatu permasalahan akan semakin tinggi sehingga implementasinya juga semakin mudah.
Aktifitas yang menyenangkan dan menarik adalah “katalis” bagi peningkatan motivasi dan partisipasi seseorang, dimana motivasi yang tinggi dan partisipasi yang aktif adalah karakterisitik orang yang produktif. Aktifitas outdoor memiliki potensi untuk mendobrak dinding kekakuan yang membatasi dirinya untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal inilah yang akan mendorong peningkatan motivasi dan partipasi karyawan setelah kembali lingkungan kerjanya.
Setelah melaksanakan kegiatan ini peserta program diharapkan dapat menciptakan suasana kerja yang lebih baik, meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakkan.
ETIMASI BIAYA DAN HASIL YANG DICAPAI
Untuk biaya penyelenggaraan Pelatihan Outbound Manajemen Training ini nilainya menyesuaikan tergantung dari fasilitas yang diinginkan.
Pilihan fasilitas peserta yang didapat dari Pelatihan tersebut meliputi :
  • Makalah pengantar pelatihan
  • Jasa dan Sewa Peralatan Games
  • Sertifikat pelatihan
  • Id Card peserta
Selain fasilitas yang bisa kami sediakan, Gazebo Outbound Management & Training juga menyediakan berbagai macam paket yang sudah lengkap:




Paket Favorit
NO.
PAKET
JUMLAH
PESERTA
KEGIATAN
DURASI
FASILITAS
HARGA
/ORG (Rp.)
KET.
1
Standard

Min. 50 Org
ü Leadership training
ü Out Bond
08 .00 –
17.00
ü Instruktur
ü Peralatan Standar Outbound
ü Ic card
ü sertifikat
30.000,- / Org


ok

Catatan :
Perincian/perhitungan biaya akan disampaikan kemudian setelah konsolidasi dengan client terlaksana. Semua biaya menyesuaikan progam training yang di inginkan.
KETENTUAN ORDER
  • Informasi tentang penggunaan jasa paket ini diharapkan dapat kami terima maksimal 2 minggu sebelum rencana pelaksanaan kegiatan.
  • Data teknis dan pengembangan kegiatan akan disesuaikan kemudian dengan permintaan klien.
  • Setelah terjadi kesepakatan, akan ditandangani sebuah kontrak kerjasama antar kedua belah pihak maksimal 7 hari sebelum pelaksanaan kegiatan
  • Uang muka (DP) biaya penggunaan jasa sebesar 50% dari total biaya dimohon untuk dapat dibayarkan secara cash atau melalui transfer ke rekening perusahaan bersamaan dengan penandatangan perjanjian kerjasama.
  • Pelunasan total biaya mohon untuk dibayarkan paling lambat 1 hari sebelum pelaksanaan kegiatan.

Office                          : Jl.Lidah Wetan Gg 2,No 1 A ,Lakarsantri (Surabaya)
Telp                             : 081 946 548 000/085 235 012 770 Wahyudi
Email / FB                   : yudi.wah48@yahoo.com
Blog                            : wahyudismt.blogspot.com
Fanpage                      :SMT(Spiritual Motivation Training)
FB Group                     :SMT (Spiritual Motivation Training)

PENUTUP
Kami sangat menghargai komitmen anda atas usahanya untuk mengembangkan kualitas SDM. Kami percaya bahwa program kami merupakan salah satu alat untuk mencapainya. Selain itu, kami sangat terbuka jika ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu didiskusikan lebih lanjut.
Demikianlah pengajuan penawaran pelatihan ini kami sampaikan sebagai bentuk kepedulian dan penawaran untuk berkembang bersama dalam meningkatkan sumber daya manusia yang dapat diunggulkan. Dengan harapan, setelah mengikuti kegiatan – kegiatan kami tersebut, dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas sumber daya manusia (SDM).
Semoga dapat menjadi acuan dalam menyelenggarakan kegiatan. Terima kasih.
Surabaya, 2013
 Direktur SMT




Kontak Kami

Bila anda tertarikn dengan training kami, silahkan menghubungi kami melalui jalur dibawah atau pesan langsung disamping.

Alamat Kantor:

Jl.Lidah Wetan Gg 2,No 1 A ,Lakarsantri (Surabaya)

Jam Bekerja:

Senin - Sabtu dari jam 07.00 - 16.00 WIB

Nomor Telepon dan email:

081 946 548 000/085 235 012 770 (Wahyudi)

E-mail:

yudi.wah48@yahoo.com (Wahyudi)