Sabtu, 22 Februari 2014

5 Cara Menasehati




Bagaimana memberikan  Nasehat agar siswa –siswa mudah mengerti dan selau di Ingat?

Ada 5 cara untuk memberikan informasi agar lebih mudah diterima dan di ingat:

1.       REPEATASI/PENGULANGAN
Misalnya pada anak SD/TK: Ayo anak-anak hafalkan surat Al-Fatihah.kemudian setiap hari di baca dan ulang-ulang maka siswa menjadi hafal dengan sendirinya.

2.        CARILAH FIGUR/OTORITAS
Dalam penyampaian minta oranglah orang yang di Anggap sebagai figur yang di segani ,maka nasehat atau perkataanya akan mengenang pada siswa .Figur itu bisa :kepala sekolah,guru yang disegani,ustadz terkenal dll.

3.       KELOMPOK/KELUARGA
Orang yang sering berinteraksi dengan siswa maka kemungkinan besar orang – orang itulah yang akan di dengar ucapan dan perkataanya.Mereka bisa Orang Tua,teman akrabnya,kelompoknya bermain.Mintalah mereka untuk menyampaikan pesan atau nasehat pada siswa.

4.       EMOSI/PERASAAN
Gunakanlah perasaan/emosi yang alami dalam menyampaikan pesan ataupun nasehat bagi para siswa.Libatkanlah perasaan sedih,senang,gembira maka insya Allah pesan anda akan selalu di ingat oleh siswa.

5.       RELAKSASI YANG MENDALAM
Dalam hal ini siswa bisa kita ajak relaksasi dengan :menarik nafas pelan –pelan tahan lalu keluarkan lewat mulut secara perlahan.lakukan minimal 2X tarik nafas tersebut ,kalau perlu 3X.Setelah siswa relaksasi baru berilah mereka kata-kata nasehat/motivasi lakukan berulang minimal 3X .Ketika memberi sugesti jangan gunakan kata –kata negatif & keraguan.

Semoga bermanfaat .Selamat mencoba dan sukses.

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567