Sabtu, 27 April 2013

HAKEKAT KAYA (WAHYUDI SMT)

Sobat, mengejar harta tanpa adanya fondasi /alasan yang benar bisa membuat seseorang mengalami kehidupan yang tidak tenang.Ketenangan hati itu terletak pada keridhoaan Allah SWT. Keridhoaan-Nya adalah dengan menjalankan apa-apa yang diperintahkan-Nya serta menjauhi larangan-Nya.
Kekayaan sejati : Hakekat kaya

Banyak diantara manusia, saat susah mereka terus mengejar harta sehingga hidupnya hanya untuk harta dan harta. Ironisnya saat harta telah dimilikinya, harta mengontrol hidupnya bukan mereka yang mengontrol harta.Mereka punya rumah, namun tidak bisa menikmati. Yang bisa menikmati rumahnya adalah pembantunya.Mereka punya mobil mewah, tetapi yang menikmati sopirnya. Mereka punya uang banyak, tetapi yang menikmati pihak perbank-kan. Banyak orang kaya tidak bisa menikmati hartanya. Salah tujuan seseorang memiliki harta adalah untuk menjadi berkah bagi banyak orang. Sehingga salah satu doa yang dipanjatkan para sufi adalah diantaranya.” Beri harta padaku Ya Allah Ya Rahman, biar menjadi berkah untuk banyak orang. Apa itu berkah? Ziyadatul khoir – Bertambahnya kebaikan karena ketu ndukan dan kepatuhan kita pada Allah SWT.

Sobat, menjadi kaya itu akan mudah bila hati kita sudah kaya terlebih dahulu. Hati bagaikan rumah yang penuh mutiara-mutiara yang indah. Namun karena hati kita kotor, sama seperti rumah kotor sehingga kita melihat ke rumah orang lain yang kelihatannya lebih bersih dan indah. Kekayaan sejati bukan terdapat pada kilauan rumah orang lain, namun pada kilauan mutiara yang ada di hati kita. Saat hati kita mampu menemukan mutiara di hati maka mutiara-mutiara di luar hati sangat mudah didapatkan.

Sobat, semakin sering kita membersihkannya, semakin mudah kita menemukannya. Diantara mutiara-mutiara yang ada di hati kita adalah mutiara syukur. Rasa syukur adalah harta paling mahal yang tidak dimiliki oleh orang miskin. Siapa orang miskin itu? Orang miskin adalah orang yang selalu merasa kurang. Lalu siapa orang kaya itu? Orang kaya adalah orang yang mampu bersyukur sehingga merasa cukup.

Sobat, menurut A’a Gym keberkahan harta adalah bonus dari kekayaan GIGIH. Apa saja yang dimaksud kekayaan GIGIH itu?

1. Kaya Ghirah (semangat) : Semangat adalah energi yang tidak ada habisnya.Tak mengenal patah di tengah jalan dan tak tersentuh putus asa. Semua ini buah dari keimanan yang kokoh karena selalu yakin akan kekuasaan dan pertolongan dari Yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Dia-lah Allah SWT. Keceriaan wajahnya.tutur kata yang bertenaga, sorot mata yang optimis,pemikiran yang solutif, sikap yang gigih dan penuh semangat adalah wujud dari pribadi yang kaya akan ghirah kebaikkan.

2. Kaya Input (masukan ilmu,wawasan, dan pengalaman) : Tak ada artinya kekayaan sebanyak apa pun apabila tidak disertai kaya ilmu; ilmu mengenal Allah, mengenal Rasulullah, ilmu mengenal diri, ilmu mengenal arti hidup, dan pelbagai ilmu lainnya yang berjalan tentang sunnatullah. Ciri orang yang kaya dengan ilmu dan pengalaman, bukan tampak dari penampilan dan asesoris, atribut, serta sebutan, tetapi tampak dari kecermelangan berpikir, akhlak dan kerendahan hati dalam menyumbangkan solusi terbaik dengan tulus.

3. Kaya Gagasan : Semakin kaya dengan gagasan semakin melimpah ide. Alhasil, semakin leluasa menikmati hidup penuh solusi dan karya. Kunci dari kreativitas sangat berkaitan dengan semangat menggebu untuk menghimpun ilmu baru, pengalaman baru, wawasan baru, sahabat baru, suasana baru yang memperkaya kemampuannya untuk melahirkan gagasan baru yang orisinal dan solutif.

4. Kaya Ibadah : sobat, kita memang diciptakan untuk menjadikan segala aktivitas kita menjadi ibadah. Itulah tugas inti kita hidup di dunia yang hanya sekali dan sebentar. Syarat ibadah adalah niat dari apa pun yang kita lakukan harus benar karena Allah semata. Aktivitas apa pun yang kita perbuat harus benar di jalan yang diridhoi-Nya.

5. Kaya Hati : Apalah artinya rumah yang luas dan lapang apabila hatinya sempit. Apalah artinya penampilan yang indah apabila hatinya buruk.Apalah artinya bangunan yang megah apabila hatinya hina. Apalah artinya harta yang melimpah apabila hatinya miskin dari kebaikkan dan kemuliaan. Ketentraman batin dan kebahagiaan hidup tak diberikan oleh Allah, kecuali kepada orang yang berhati bersih, dalam istilah alqur’an Qolbun Salim.

Sobat, kalau Kaya GIGIH itu kita terapkan maka bonusnya adalah Kaya Harta nan lagi berkah. Subhaanallah!

Coba kita renungkan dan bayangkan! Jika ada seseorang yang hidupnya penuh semangat membara, memiliki ilmu yang luas,pengalaman yang banyak, serta penuh dengan gagasan dan ide yang kreatif. Kelebihannya disertai dengan kekayaan amal ibadah dihiasi kekayaan hati yang tak tersentuh sombong,iri-dengki, benci dan dendam, kecuali hati yang tulus dan penuh kasih saying. Alhasil sobat, betapa efektifnya hari-hari yang dilalui.Jadi, perkara menjemput rezki yang halal berkah dan melimpah menjadi amat mudah dan indah. Memang itulah sobat, bahwa kekayaan harta yang berkah sesungguhnya adalah Bonus dari Kekayaan “GIGIH”

Sobat diakhir tulisan yang singkat ini mari kita ingat pesan Rasul ,” Manusia yang hebat adalah manusia yang bermanfaat buat sesamanya.” Menjadi bermanfaat adalah tujuan setiap manusia. Seseorang yang berhasil membangun masa depan dalam hidupnya adalah ketika ia dapat bermanfaat bagi sesamanya.


*itulah pesan guru training saya.terima kasih untuk ust Faqih.
                                                 

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567