Spiritual Motivation Training

SMT adalah lembaga yang bergerak dalam bidang motivasi dan peningkatan sumber daya manusia.Di tengah-tengah era globalisai modern ini banyak permasalahan yang di hadapi oleh manusia yang semakin hari semakin kompleks. Permasalahan yang terus berkembang Terutama dalam hal penurunan degradasi moral dan spiritual yang sangat memprihatinkan. Dari masalah tersebutlah SMT hadir untuk memberi pelatihan dan pelayanan bagi yang membutuhkan.

Senin, 02 September 2013

Spiritual Motivation Training Pemandu PKKMB FBS UNESA


“Jadilah pemandu yang ikhlas akan menghasilkan kebaikan yang berbekas
Jadilah pemandu yang amanah akan menghasilkan ukhuwah yang indah
Jadilah pemandu yang manfaat akan menghasilkan hidup  lebih hebat”
(Wahyudi SMT)



Minggu 1 September 2013 Direktur & Master trainer SMT(Spiritual Motivation Training) di minta untuk memberi TOT pada para pemandu PKKMB/OSPEK Fakultas Bahasa & Seni Universitas negeri Surabaya (Unesa) yang akan memandu sekitar 900 mahasiswa baru FBS.Dalam sesi pelatihan saya sampaikan bahwa tugas pemandu adalah adalah tugas mulia.Mengapa karena mereka adalah kakak sekaligus orang tua yang akan mengarahkan mahasiswa baru untuk adaptasi dengan kehidupan baru di univesitas.
Ada 5 point yang saya sampaikan agar mereka menjadi fasilitator the best.5 poit itu adalah:

1.The POWER OF VISION
Visi adalah dorongan yang paling kuat.Visi bukan uang,bukan harta,jabatan dan lain-lain.Tapi visi itu adalah dorongan jangka panjang yang akan menjadi kebahagian sejati.Maka saya sampaikan visi bagi pemandu & panitia lain adalah semata-mata untuk meraih ridho Allah SWT.Maka niat dan cara yang di pakai harus benar.

2.The POWER OF ACTION
Apakah puasa anda di terima kalau anda buka puasa duluan sebelum adzan magrib hanya 1 menit saja,atau 1 detik sebelum adzan magrib berkumandang?.Pasti puasa anda akan batal.Anda tahu pesawat Boeing 737 ,pesawat Boeing butuh kecepatan 390 km/jam untuk takeoff.Apa jadinya kalau kecepatnya hanya 389km/jam ?hanya kurang 1 km/jam.apakah jadi takeoff atau ngyungsep?.pasti gagal takeoff.Berarti action anda butuh 100% action dalam aktifitas.Tapi ingat 100% juga harus di barengi dengan rumus 3A.Apa itu?.Allah dulu,Allah lagi,Allah terus .3 rumus itu harus tetap di utamakan. Jadi, kebahagiaan itu akan benar-benar kita rengkuh apabila kita mengutamakan akhirat (menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya) .

3.The POWER OF FRIENDS
Memilih teman adalah memilih masa depan.Dalam memilih teman kita harus jeli dan teliti,bukan hanya dalam memilih pakaian yang bagus.Ingat teman kita adalah cerminan dari kita.Pilih teman yang mampu memberi kebaikan,energy positif,valensi tinggi dan tentu mampu membawa anda pada syurga.Siapa dia?andalah yang tahu.Jadi pilih teman yang positif & lingkingan yang 3 tif (positif,produktif dan kontributif).

4.The POWER OF EXPERT
Ketika anda punya produk bagus tapi tidak punya cara penyampaian yang bagus maka akan percuma produk anda.Kunci menjadi pemandu PKKMB tidak hanya vision,action,friend tapi juga Public speaking yang baik.Sudah wajib hukumnya bagi calon pemandu harus EXPERT dalam public speaking artinya cara penyampaian yang bagus pada orang lain/public.Semakin anda expert maka akan semakin anda di cari banyak orang.semakin expert rezeki akan semakin mengejar anda.

5.The POWER OF SPIRITUAL
Saya sampaikan pada para pemandu bahwa hidup ini tidak kekal rata-rata 60 tahun.Pertanyaan besar kita sudahkah kita menyipakan bekal untuk hidup kita yang kekal,yaitu akhirat?.Dunia ini adalah ladang sawahnya akhirat ,untuk mencari bekal terbaik kita sampai negeri akhirat.Maka amanah jadi pemandu mahasiswa adalah momen  bagi untuk mencari pahala & bekal dakwah mengajak pada kebaikan.sebagaimana firman Allah:
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik” (QS. Ali Imran 110).

Semakin anda mengajak pada kebaikan ,semaikn investasi pahala menanti anda.Tapi sekali pemandu  mengarahkan mahasiswa baru pada hal yang negatif semakin investasi dosa akan menumpuk pada anda.