Spiritual Motivation Training

SMT adalah lembaga yang bergerak dalam bidang motivasi dan peningkatan sumber daya manusia.Di tengah-tengah era globalisai modern ini banyak permasalahan yang di hadapi oleh manusia yang semakin hari semakin kompleks. Permasalahan yang terus berkembang Terutama dalam hal penurunan degradasi moral dan spiritual yang sangat memprihatinkan. Dari masalah tersebutlah SMT hadir untuk memberi pelatihan dan pelayanan bagi yang membutuhkan.

Jumat, 27 September 2013

Tipe-Tipe Mahasiswa

“Sikapi hidup dengan bijak akan kita raih kesempatan terbaik menjadi pemenang sejati.Sikap anda akan menentukan mau jadi seperti apa anda.Sikapi dengan optimis dan jadilah pejuang kebaikan terhebat dalam sejarh hidup anda”


Kepada Sodaraku…
para kerabat yang senantiasa mau menoleh karena kebenaran.
Saat ini kalau kita petakan di seluruh dunia ( dimanapun lho )
kalau bisa kita metani (baca: memetakan)
mudahnya, ada 5 tipe mahasiswa saat ini

1) Kura-kura : apa itu ?? Kuliah rapat
2) Kutu-kutu : apa itu ?? Kuliah turu
3) Kumbang : apa itu ?? Kuliah ngambang
4) Kupu-kupu: apa itu ?? Kuliah pulang
5) Kuda-kuda: apa itu ?? Kuliah dakwah

Sodaraku..
Kira-kira kita berada diposisi mana ya?? . . .
Yuk mari kita cermati ==JEBRET==

1) KURA:
Mahasiswa kura-kura, dalam kesehariaanya biasa sok sibuk. Karena ia selalu kuliah – rapat , kuliah – rapat, begitu seterusnya.
Dimata teman2, ia adalah mahasiswa yg mmpunyai konsep, program kerja, dsb.. Biasanya senang jika dipanggil aktifitis kampus
Walau kadang-kadang lambat bergerak

2) KUTU:
Mahasiswa kuliah-turu (tidur), mahasiswa tipe ini sering nongkrong dan begadang hingga larut malam, entah itu ngobrolin cewek, kerjaan, bola, ya macem2lah.
Padahal sudah diingatkn oleh Bang Haji Rhoma Irama “Begadang... Jangan begadang, kalau tiada artinya..” hehehe.. .
Mahasiswa ini mggunakan waktu malamnya sangat banyak. Sehingga saat kuliah pada pagi harinya ngantuk,, so.. Tidur deh

3) KUMBANG:
Mahasiswa yang satu ini kuliahnya ngambang. Ato gampangnya kuliah enggak.. Kerjaa enggak.. Tugas enggak..
Atau bahkan ngerjakan sesuatu yang enggak-enggak. Dia bimbang, sering GALAU.. , kuliahnya molor, atau dimolor-molorin.. Ngakunya lulus di waktu yang tepat (ehmm.. bisa jadi)

4) KUPU:
Mahasiswa ini.. Masyaallah.. Setelah kuliah langsung pulang, ngapain ya.. Hemm..Barang kali ada kerjaan dirumah atau jangan-jangan pulang kerumah, trus nyiapin ketemuan dengan si Doi.. . Bisa dicermatin, sering tidur, coz melihat kuliahnya berat, ada praktikumlah, wajib tulis laporanlah, dll..

5) KUDA:
Eits.. Mahasiswa yang terakhir ini siapa ya?? Dia adalah tipe mahasiswa yang waktu kuliahnya diamnfaatkan untuk dakwah.. Mahasiswa ini tidak hanya memikirkan kondisi tugas kuliahnya saja, tidak hanya memikirkan buat laporannya saja, sekedar memikirkan pacar, cari kerja dll..
Hadehhh... Tidak Mas bro & sis !!

Mahasiswamuslim ini adalah mahasiswa yang peduli..
Merasa galau bin resah dan sedih jika ada saudaranya sesama mahasiswa, Apalagi melakukan aktifitas yang melanggar aturan Islam ( Ya Rabb )
Jadi, mahasiswa ini tergerak karena peduli dan sadar atas lingkungan yang terjadi.. Mau.. mau ..
berikut ada tiga tips yang membantu kita memiliki keyakinan diri yang kuat  sebagai mahasiswa  terbaik:
1. Berpikir besar. Jika kita berpikir kecil, kita kan tetap menjadii orang kecil.Bila kita pergi ke samudera membawa satu ember, kita akan memndapatkan satu ember. Jadi hadapilah kehidupan kita dengan pikiran dan semangat yang besar. Jika kita meminta terlalu sedikit atau meminta sesuat yang tidak benar-benar kita inginkan, sedikit pula yang kita dapatkan. Berpikir besar berarti menyadari keindahan dan kekuatan batin kita. Kekuatan batin harus terus diasah untuk meningkatkan pengetahuan kita tentang kebesaran dan keagungan Ilahi.

2. Gigih mengatasi rintangan. Sepanjang hidup kita dihadang berbagai rintangan dalam perjalanan meraih tujuan dan cita-cita. Kendati demikian,kita harus bertahan dan menjaga keyakinan terhadap diri sendiri. Segala rintangan dalam perjalanan hanyalah tingkungan, bukan jalan buntu. Kebehasilan sejati bukan berarti kesuksesan tanpa pernah mengalami kegagalan. Keberhasilan sejati diraih jika kita kembali bangkit setiap kali gagal. Setiap kegagalan mengandung benih kesuksesan. Orang yang tak pernah gagal pasti tidak pernah sukses.

3. Kita bisa membuat perbedaan. Seringkali ketika dililit dan dihadapkan berbagai persoalan hidup,kita menjadi tidak berdaya. Kita merasa tak mampu melakukan sesuatu yang dapat membuat perubahan positif. Sobat, tak diragukan lagi, sekelompok kecil orang yang berwawasan dan berkomitmen bisa mengubah dunia. Itu benar-benar terjadi. Kebermaknaan dan kebahagiaan seseorang mencapai puncaknya ketika ia bekerja mengerahkan seluruh potensi yang dimilikinya.

Sodaraku..
berikut PREDIKAT (medali mungkin, menurut saya agar mudah dipahami) yang diberikan Allah SWT kepada kaum muslimin yang peduli atas kondisi disekitarnya:

 “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah”. (QS. Ali Imran: 110).