Spiritual Motivation Training

SMT adalah lembaga yang bergerak dalam bidang motivasi dan peningkatan sumber daya manusia.Di tengah-tengah era globalisai modern ini banyak permasalahan yang di hadapi oleh manusia yang semakin hari semakin kompleks. Permasalahan yang terus berkembang Terutama dalam hal penurunan degradasi moral dan spiritual yang sangat memprihatinkan. Dari masalah tersebutlah SMT hadir untuk memberi pelatihan dan pelayanan bagi yang membutuhkan.

Senin, 14 Januari 2013

Jadikan Pekerjaan kita sebagai panggilan jiwa!

Bukankah setiap manusia memiliki beban dan persoalannya sendiri-sendiri? Perbedaannya hanya bagaimana setiap manusia tersebut memperlakukan dirinya sehingga dia tetap memberikan kebahagiaan bagi orang lain.

Sobat, ada banyak hal yang membuat kita tidak bersemangat dalam bekerja, hasil perenungan yang mendalam, saya dapat simpulkan bahwa penyebabnya  salah satunya adalah ketika kita bekerja, kita tidak sedang menjalankan skenario kita sendiri. Kita sedang menjalankan skenario orang lain yaitu orang yang memberi pekerjaan kepada kita.

Mengapa tidak semangat hari-hari anda ketika bekerja demikian? Karena pada hari-hari itu anda sedang menjalankan rencana orang lain,mimpi orang lain,skenario orang lain, maunya orang lain. Anda dibayar dengan sejumlah uang tertentu untuk menjalankan hidup orang lain, bukan hidup anda sendiri. Ini sudah pasti tidak membuat  anda bersemangat karena tidak sejalan dengan fitrah anda sebagai manusia yang berdaulat terhadap diri anda sendiri. Jadi, jika anda ingin selalu bersemangat dan bergairah dalam bekerja, rumusnya sederhana saja : Anda harus menjalani skenario Anda, bukan skenario orang lain.

Di setiap pelatihan atau forum yang pernah saya isi di berbagai perusahaan saya banyak berkenalan dengan beberapa OB (office boy)karena kebiasaan saya datang lebih awal di tempat pelatihan sehingga sering ketemu  dengan para OB yang sedang menyiapkan ruangan. Kesempatan itu sering saya gunakan berbicara atau berdialog dengan mereka dari hati ke hati tentang makna pekerjaan bagi mereka. Kebanyakan dari mereka sama dengan karyawan yang lainnya yang mengikuti training saya, menganggap bahwa pekerjaan mereka sekedar pekerjaan fisik, yaitu membersihkan ruangan atau menyapu lantai. Tapi saya juga pernah dapati seorang OB yang  menjawab dengan penuh semangat bahwa  pekerjaan dia adalah melayani orang lain. Dengan penuh ceria dia mengatakan bahwa tugas dia adalah membuat ruangan di kantor menjadi bersih dan segar sehingga semua orang bersemangat dan produktif . “Kalau mereka semangat dan kerjanya produktif saya ikut bahagia mudah-mudahan jadi ladang amal sholeh.” Itulah kata dia.

Subhaanallah sobat, OB seperti ini sudah memahami hakekat pekerjaan yang sesunguhnya, yaitu sebagai Sesuatu yang spiritual yaitu dengan melayani orang lain dan bukan sekedar pekerjaan fisik. Sejatinya bekerja adalah sebuah kegiatan spiritual yang intinya adalah melayani orang lain. Bukankah tidak ada kata yang lebih indah di tempat kerja kecuali “melayani”? oleh karena itu sebagus apa pun pekerjaan kita, jika hal itu tidak ditujukan untuk melayani orang lain, maka pekerjaan itu akan kehilangan kemuliaannya. Spiritualitas lebih berkaitan dengan bagaimana kita melihat dan memaknai pekerjaan kita.
Sobat, orang yang spiritual sadar sepenuhnya bahwa nilai dirinya ditentukan oleh apa yang ia berikan kepada orang lain. Ia sibuk memperhatikan dan melayani orang lain karena sadar bahwa hanya dengan memenuhi kebutuhan orang lainlah ia akan menerima kebaikan di dunia ini. Ia yakin sepenuhnya akan hukum alam yang mengatakan bahwa ketika kita menabur kebaikan, kita pasti akan menerima kebaikan yang sama, bahkan lebih besar. Ia seakan-akan melupakan dirinya sendiri karena sadar akan hukum alam dan janji Allah SWT yang pasti akan terjadi.

Ada pelajaran yang berharga yang bisa kita ambil sebagai paradigma dan keyakinan baru  ketika saya membaca buku I Love Monday dari Mas Arvan Pradiansyah agar kita melihat bahwa pekerjaan sebagai sesuatu yang membahagiakan, sesuatu untuk bersenang-senang, sesuatu yang pantas untuk dinikmati.1.     

  1. Masalah terpenting di tempat kerja adalah masalah semangat, bukan masalah taktik dan strategi.
  2. Tantangan  terbesar setiap pemimpin di tempat kerja adalah bagaimana menggelorakan semangat dalam dirinya dan dalam setiap diri orang yang berada di bawahnya setiap hari, bahkan setiap saat.
  3. Tujuan bekerja bukanlah mencari uang, melainkan melayani orang lain. Apabila melayani orang lain, uang akan datang dengan sendirinya sebagai sebuah konsekuensi.
  4. Kita diutus Allah SWT  ke dunia ini karena suatu maksud. Tugas kita adalah menemukan apa maksud Allah SWT itu dan mewujudkan dalam pekerjaan kita.
  5. Yang kita cari di tempat kerja bukanlah sekedar kesuksesan, melainkan kebahagiaan. Kebahagiaan hanya bisa dicari jika kita bisa menemukan makna dalam pekerjaan kita
  6. Kebahagiaan datang lebih dahulu daripada kesuksesan. Jikalau kita bekerja dengan penuh kegembiraan dan kebahagiaan, otak kita akan terbuka, pikiran kita akan berkembang, dan kita kan lebih mudah mendapatkan kesuksesan
  7. Kita hanya bisa menemukan makna dalam pekerjaan kita jika kita bekerja untuk melayani orang lain. Dengan melayani orang lain, kita akan merasa penting, bermanfaat, dan berguna.
  8. Ada tiga cara melihat pekerjaan : sebagai job, career, atau calling. Kita hanya bisa berbahagia apabila kita melihat pekerjaan sebagai panggilan ( calling)jiwa.

Sobat , orang yang bekerja karena panggilan jiwa akan terus bekerja hingga akhir hayatnya karena selama ia masih hidup, selalu saja ada kekuatan yang memanggilnya jauh di dalam dirinya. Bahkan, ia hidup lebih besar daripada jabatannya,posisinya, atau sebutan tugasnya. Karena dia bekerja sesuai dengan skenario Allah SWT. Untuk sampai ke sana sobat, kuncinya adalah dengan mengajukan pertanyaan yang paling esensial di muka bumi ini : Untuk apa kita diciptakan Allah SWT? Apa yang bisa saya berikan kepada umat manusia? Untuk apa saya diutus Allah SWT?
Sobat, tugas kita adalah menelusuri jiwa kita yang terdalam dan menemukan api yang tak pernah padam di dalam diri kita.Itulah misi suci yang dititipkan Allah kepada kita yang harus kita realisasikan dengan bekerja.

(yudi.wah48@yahoo.com) (FB:kang wahyu )<GROUP FB:SMT(Spiritual Motivasion training)>