Senin, 14 Januari 2013

Bisa!Bisa dan Pasti Bisa!


Oleh:wahyudi
Sekecil apapun bakat yang kita miliki sebenarnya punya potensi untuk dikembangkan secara luar biasa. Setiap potensi, sekecil apapun jangan diabaikan karena bisa menjadi luar biasa.

Sobat, Siapa yang menyangka kebiasaan merenung dan mencorat-coret syair Ebiet bisa membawanya menjadi pengarang lagu dan penyanyi balada yang terkenal di kisaran tahun 1979-1983 berbagai penghargaan pun sudah diterimanya.
Sobat, Siapa yang menyangka kebiasaan membanyol Tukul membuatnya  menjadi salah satu host paling popular dan terkaya di negeri ini.Siapa yang mengira sifat alamiah Oprah yang selalu ingin belajar banyak bisa membawanya jadi host ternama di dunia. Siapa yang mengira kebiasaan JK Rowling mendongeng untuk anaknya akhirnya mengasah keahlian bercerita sehingga menghasilkan Harry Potter. Dan masih banyak lagi orang-orang yang sukses di bidang apapun yang berangkat dari hal yang kecil. Semua hal kecil punya potensi menjadi besar jika dikembangkan.
Sobat, sekarang bagaimana agar kita mampu mematahkan dan menghancurkan mitos “ Saya Tidak Bisa”? berikut ini beberapa  tips yang bisa kita lakukan :
  1. Sadari dan yakinlah potensi diri jauh lebih besar dari yang kita kira.  Karena tidak sadar besarnya potensi tersebut, kadang kita menolak suatu peluang atau kesempatan hanya karena merasa tidak bisa,tidak mampu,tidak berbakat, bahkan sebelum mencobanya. Sekarang saatnya untuk melihat lagi diri sendiri. Pikirkan bakat apa yang belum dikembangkan secara maksimal. Bidang keahlian apa yang anda kuasai hari ini? Dan Anda menjalankannya dengan penuh enjoy dan seakan tidak ada beban dan benar-benar menikmatinya. Kalau sudah ketemu dua hal ini itulah bakat anda yang harus dikembangkan dan terus meningkatkan valensi anda dengan fokus.
  2. Percayalah bahwa kita bisa! Jika benar-benar ingin sukses, ingin berhasil, ingin menjadi juara, ingin menjadi orang hebat, ingin menjadi luar biasa, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah percaya bahwa bahwa kita bisa. Jika kita percaya kita bisa melakukannya, bisa mencapainya, maka kita sudah melakukan lompatan besar. Keyakinan kita akan memberi sinyal dan sinyal tersebut akan menarik reaksi dari alam semesta. Sinyal tersebut juga mempengaruhi jiwa,otak, dan semangat kita dalam bekerja. Inilah teori mestakung yang diusung Prof. Johannes Surya pakar Fisika dan pencetak peraih emas Olimpiade Fisika tingkat dunia.
  3. Jangan takut mencoba !  Baik orang sukses atau orang gagal sebagian besar sebenarnya sama-sama mempunyai keraguan pada hal baru, tugas baru, atau bidang yang baru. Tapi yang membedakan mereka adalah Orang sukses berani mencoba. Mereka berani salah, berani gagal dan mereka mau belajar dari kesalahan dan kegagalan, serta bekerja keras memperbaiki kesalahan dan mengembangkan kemauan. Jangan pernah menolak peluang hanya karena merasa tidak yakin bisa melakukannya. Jika ada peluang bagus, coba dulu, jika gagal coba lagi. Ada peluang lain coba juga. Suatu saat akan datang peluang terbaik yang membuat kita menjadi besar dan luar biasa.
  4. Kita punya potensi di banyak hal. Mencoba banyak peluang bisa menambah ilmu sekaligus membuat kita mengetahui bidang terbaik yang cocok untuk kita. Percayalah, kita mempunyai begitu banyak bakat dan potensi hanya saja kita kurang mengeksplorasi diri. Anda akan takjub melihat betapa banyak bakat diri yang dimiliki dan bisa dikembangkan.
  5. Lingkungan positif akan bisa membuat potensi kita berkembang pesat. Memilih teman dan komunitas adalah memilih masa depan. Di masa mudanya Ebiet G. Ade selalu berkumpul dnegan seniman kreatif yogjakarta, sehingga bakatnya selalu terasah. Kini kita bisa melihat gubahan atau karyanya yang begitu indah. Jika tidak punya lingkungan positif, kita harus menemukannya sendiri. Lingkungan positif bisa diciptakan dengan sering-sering berkumpul dan berinteraksi dengan orang-orang yang positif, orang-orang yang punya cita-cita besar, yang selalu meningkatkan taraf hidup yang lebih baik dan lebih baik lagi. Bisa juga dengan bergabung dengan komunitas yang positif, seperti yang dilakukan penulis bergabung di Trainer Laris, Indonesia Inspiring Movement sebuah komunitas yang bertekad melakukan perubahan dan menginspirasi Indonesia menjadi lebih baik. Bisa juga didapatkan dengan membaca buku-buku positif, membaca buku-buku biografi orang-orang besar, sehingga semangat mereka menular.
Sekecil apapun bakat yang kita miliki sebenarnya punya potensi untuk dikembangkan secara luar biasa. Setiap potensi, sekecil apapun jangan diabaikan karena bisa menjadi luar biasa.
Ingatlah sobat sekali lagi, semua hal yang kecil punya potensi menjadi besar jika dikembangkan. Setiap orang punya bakat, yang jarang adalah keberanian untuk mengikuti bakat itu menuju tempat gelap kemanapun berjalan. Setiap orang bisa sehebat apapun yang ia inginkan, jika percaya pada diri sendiri dan punya keberanian,determinasi dan dedikasi,siap bersaing, dan rela berkorban serta mau membayar harganya dengan kerja keras. Semua Bisa dicapai. Bukankah Allah berfirman dalam hadits Qudsi yang artinya “Aku ( Allah) ada dalam prasangka hamba-Ku ( AKu mengikuti prasangka hamba-Ku). Jika percaya bisa. Anda Bisa! Bisa! Bisa! Pasti Bisa!
Salam sukses mulia

Kontak Kami

Bila anda tertarikn dengan training kami, silahkan menghubungi kami melalui jalur dibawah atau pesan langsung disamping.

Alamat Kantor:

Jl.Lidah Wetan Gg 2,No 1 A ,Lakarsantri (Surabaya)

Jam Bekerja:

Senin - Sabtu dari jam 07.00 - 16.00 WIB

Nomor Telepon dan email:

081 946 548 000/085 235 012 770 (Wahyudi)

E-mail:

yudi.wah48@yahoo.com (Wahyudi)