Selasa, 15 Januari 2013

KUNCI PUBLIC SPEAKING

Punya komunikasi yang mantab itu the Best

 Siapapun oranganya butuh komunikasi dalam menjalin relasi.Seorang pemimpin Negara harus punya komunikasi yang baik pada mentri dan bawahanya.Begitu pula seorang Direktur perusahaan,Dia harus punya komuikasi yang baik.Sahabat sukses coba kita dengarkan dan kita saksikan pidato Presiden Soekarno.Lewat pidatonya yang handal beliau mampu mengobarkan semangat pemuda untuk berjuang demi kemerdekaan.Apa yang di sampaikan Soekarno dalam pidatonya yang penuh semangat,energik membuat pendengarnya merasa  tergerak dan inggin segera melaksanakan apa yang di samapaikan.
Seorang pimpinan organisasi   yang mahir dalam pidato menyampaikan pesan pada anggotanya maka akan lebih mudah mengkordinasikan.Beberapa kali saya memberikan training pada organisasi sekolah dan mahasiswa rata- rata mereka yang organisasinya maju selalu di pimpin oleh seorang leader yang ahli dalam komunikasi.
Siapaun anda berhak untuk menjadi seorang yang handal dalam berbicara.Tentunya orang yang handal pidato tidak hanya asal - asalan dalm bicara dan menyampaikan pendapatnya.Formula yang tepat dalam anda menyampaikan pidato salah satunya adalah anda harus mengungkapkan fakta atau data.Dengan anda menggunakan fakta dalam Pidato keyakinan audien akan mantap ,karena kita  menggunakan data yang ilmiah.
Poin fakta adalah kunci awal dalam pidato.Kemudian setelah fakta anda ungkapkan kunci yang selanjutanya adalah Argumentasi yang anda ungkapkan haruslah logis,menarik opini,dan juga mempunyai kerdibilitas (pertanggung jawaban).Argumentasi yang meyakinkan dikemas dengan bahasa jelas  akan membuat siapun orang yang mendengarkan akan percaya apa yang anda utarakan.
Apapun problem yang terjadi pasti mempunyai Solusi (pemecahan masalah) yang bisa di jadikan jalan akhir yang terbaik.Harusnya dalam solusi adalah hasil akhir yang mempunyai pertimbangan dari fakta dan data yang kemudian menghasilkan solusi yang terbaik.
Perlu kita renungkan bahwa setiap orang yang mendengarkan pidato mereka menghabiskan waktu dan tenaga mereka maka jangan kita sia- siakan waktu yang telah mereka sempatkan untuk mendengarkan pidato kita.Berikan pidato yang terbaik dan bermanfaat unuk para pendengar yang baik pula.
Semakin kita menghargai orang lain maka orang lainpun akan bersimpati pada kita.Hargai dan apresiasi siapun orang yang bicara.Sahabat Nabi SAW berkata: undur man kola wala tandur man kola.Artinya:Lihatlah apa yang dia katakana jangan lihat siapa yang mengatakan.
Menjadi pembicara publik adalah menjadi energi untuk menyampaikan ide-ide tentang kebaikan dan manfaat buat audiens. Seorang pembicara publik hadir untuk membantu atau mendidik. Jadi, berhentilah berpikir tentang diri sendiri, fokuskan semua energi dan perhatian kepada kebutuhan audiens. Seorang pembicara publik adalah kata-kata yang mengalirkan pesan, untuk kebutuhan audiens, dan memberikan pencerahan untuk kehidupan yang lebih baik.

                     FB: https://www.facebook.com/kang.wahyu2                   
 https://www.facebook.com/pages/SMT/538896699456636

(WAHYUDI SMT)

Kontak Kami

Bila anda tertarikn dengan training kami, silahkan menghubungi kami melalui jalur dibawah atau pesan langsung disamping.

Alamat Kantor:

Jl.Lidah Wetan Gg 2,No 1 A ,Lakarsantri (Surabaya)

Jam Bekerja:

Senin - Sabtu dari jam 07.00 - 16.00 WIB

Nomor Telepon dan email:

081 946 548 000/085 235 012 770 (Wahyudi)

E-mail:

yudi.wah48@yahoo.com (Wahyudi)