Spiritual Motivation Training

SMT adalah lembaga yang bergerak dalam bidang motivasi dan peningkatan sumber daya manusia.Di tengah-tengah era globalisai modern ini banyak permasalahan yang di hadapi oleh manusia yang semakin hari semakin kompleks. Permasalahan yang terus berkembang Terutama dalam hal penurunan degradasi moral dan spiritual yang sangat memprihatinkan. Dari masalah tersebutlah SMT hadir untuk memberi pelatihan dan pelayanan bagi yang membutuhkan.

Jumat, 22 Agustus 2014

Mengukir Prestasi Tanpa Batas


 “ Tak akan jadi bahagia yang  sempurna untuk manusia sebelum merasakan nikmatnya syurga yang Allah janjikan”


Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan:
كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ - صلى الله عليه وسلم - : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ .
"Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallallahu wa 'alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa 'adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka)." (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690)
Maka saya katakan prestasi yang terbaik itu adalah prestasi yang mampu menjadikan kita mulia dihadapan Allah dan mulia di hadapan manusia. Mulia dihadapan Allah pasti mulia dihapan manusia, sedangkan mulia dihapan manusia belum tentu mulia dihapan Allah. Ada 3 A: Allah dulu, Allah lagi, dan Allah terus.
Dalam sesi pelatihan SMT ( Spiritual Motivation Training) sering  saya minta para peserta untuk membayangakan apa cita-cita mereka. Ketika memberikan training dikalangan SD, SMP, dan SMA ada diantara mereka yang sudah punya cita –cita tapi banyak juga yang belum memiliki gambaran cita-citanya. Bahkan ketika saya mengisi training dikalangan mahasiswa pun ada juga yang belum tahu tentang cita-cita yang akan mereka raih. Pernahkah anda bayangkan, ketika anda menyetop Taksi kemudian anda naik ke dalam Taksi itu.Nah ketika didalam taksi anda ditanya oleh sopirnya : “mau kemana mbak/mas?” ,Lalu anda mangatakan :“saya ingin kerumah nenek saya pak sopir”. Lalu sopir bertanya lagi :” iya mbak/mas saya tahu,tapi alamatnya mana?”. Kemudian anda jawab lagi “ ya pokoknya ke rumah nenek saya,cepet ya”. Sobat, coba anda bayangkan hal itu terjadi pada diri anda,apa kira-kira yang di jawab sopir kemudian. Pasti saya yakin sopirnya kesal atau mungkin malah marah hehhee….  Tapi sobat, bayangkan ketika anda ditanya oleh sopir tadi :”mau kemana mbak/mas?” kemudian anda jawab :”pak antarkan saya ke rumah nenek saya, alamatnya di Jalan Gatot Subroto, Gang 2 no.1, Jakarta Timur, rumahnya depan kantor pos warna hijau muda”. Nah,sekarang dari kejadian tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa Tujuan yang tidak jelas akan menyulitkan kita menuju apa yang inggin kita tuju.
            Bila kita hubungkan denga cita-cita kita maka faktor visi yang jelas dan target yang jelas akan membantu diri kita mudah menuju cita–cita yang diinginkan. Visi itu ibarat suatu titik focus yang menjadi acuan  dalam kehidupan kita. Maka mulai saat ini cari dan tentukan visi hidup anda yang jelas. Visi yang kita maksud bisa berarti cita-cita,impian,tujuan hidup dan harapan hidup dimasa depan.
            Mentor saya ustadz Faqih Syarif pernah memberi nasehat pada saya bahwa “ segera temukan visi hidupmu dan tuliskanlah dalam proposal hidupmu”. Pesan guru saya itu masih melekat kuat dalam diri saya. Ternyata benar Proposal hidup itu adalah acuan dalam merencanakan hidup lebih baik. Ini saya buktikan sendiri ,banyak proposal hidup saya yang benar-benar terjadi dan menjadi kenyataan. Salah satu proposal hidup yang berkesan bagi saya adalah ingin mengisi training di SMAN 2 Ngawi. Mengapa di SMAN 2 Ngawi?  Karena SMAN 2 Ngawi adalah sekolah unggulan dan berfasilitas lengkap di kabupaten Ngawi. Sealain itu Karena saya adalah alumni dari  SMA kecamatan dan ingin membuktikan bahwa anak SMA Kecamatan mampu dan bisa bersaing dengan SMAN bonafit yang terkenal.
            Sobat akan dalam artikel ini ada beberapa tips untuk membuat proposal hidup, yaitu:
1.      Awalilah setiap proposal hidup kita ,dengan kalimat syukur
(Al hamdulillah Yaa Allah, terima kasih Tuhan).

2.      Gunakanlah kata saya/aku
(Al hamdulillah Yaa Allah AKU….)

3.      Gunakanlah waktu yang sekarang dan juga jelas , hindarkan kata: akan, nanti, besok, jadi seolah-olah peristiwa itu sedang terjadi pada anda .
(Al hamdulillah Yaa Allah ,Aku mendapat penghasilan  Rp 10 juta bulan maret 2014……)

4.      Gunakanlah kalimat yang positif pada proposal hidup anda, Hilangkan kata TIDAK,JANGAN, dan TAPI.
(Al hamdulillah Yaa Allah, Aku mendapat penghasilan Rp 10 juta bulan maret 2014 dari rezeki yang halal dan berkah….)

5.      Gunakan kalimat yang mampu membangkitkan perasaan / emosi anda
(Al hamdulillah Yaa Allah, Aku mendapat penghasilan Rp 10 juta pada bulan maret 2014  dari rezeki yang halal dan berkah ,rezeki itu sebagian akan aku sumbangkan ke anak-anak yatim piatu dan akau melihat wajah-wajah anak yatim itu begitu bahagia ,hingga aku merasa lebih bersyukur.)

            Inilah proposal hidup yang lengkap
“Al hamdulillah Yaa Allah, Aku mendapat penghasilan Rp 10 juta pada bulan maret 2014  dari rezeki yang halal dan berkah , rezeki itu sebagian akan aku sumbangkan ke anak-anak yatim piatu dan akau melihat wajah-wajah anak yatim itu begitu bahagia, hingga aku merasa bahagia penuh syukur membuat diriku semakin semangat untuk berbagi ”.

Sobat, setelah anda menulis proposal hidup itu bayangkan dan rasakan sungguh-sungguh itu terjadi. Ketika anda membayangkan waktu yang lebih baik adalah sebelum tidur. Anda tarik -nafas dalam-dalam keluarkan lalu pejamkan setelah itu mulai visualkan proposal hidu anda.
            Semoga artikel ini bermanfaat ,sebagai penutup artikel ini kita reungkan kalimat ini:
“Prestasi yang terbaik adalah prestasi mampu bahagia  dunia akhirat dan juga di akhirat yang mampu menghantarkan datangNYA Ridho Allah pada kita”




 Semoga kita menjadi insan yang SUKSES TANPA BATAS. AAMIIN.
 Training SMK YAPALIS Sidoarjo  Training YDSF Malang   Spiritual Motivation Training Surabaya