Selasa, 22 Oktober 2013

Tips Agar Tidak Grogi di depan Publik






Sobat SMT anda ingin tahu agar PD di hadapan Publik?. Berikut ada tips untuk anda dengan membaca tips ini bayangkan saja anda akan mahir dan tidak akan grogi saat berbicara di depan banyak orang.

Demam panggung atau biasa kita sebut grogi atau juga gugup, sering sekali kita alami di dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya waktu kita tampil di depan mimbar / panggung saja kita bisa terkena demam panggung, namun waktu kita bicara kepada orang yang belum kita kenal saja bisa grogi. Pasti terasa gemetaran atau deg-degan atau bahkan keluar keringat dingin.
Tapi demam panggung yang saya bahas kali ini identik dengan grogi pada saat kita tampil di depan banyak orang, misal nya waktu kita ada pentas, konser, lomba 17 agustus di panggung, nyanyi di depan panggung.
Sangat tidak mengenakkan, yang seharusnya sudah hafal teks, atau bahan yang sudah dipelajari, namu karena demam panggung semua bahan yang sudah ada di otak kita jadi hilang begitu saja.

Apa saja Tips Public Speaking  ?
1.)    Tenang, Sebagian besar orang tidak jelas mengucapkan kata, karena saat grogi mereka tidak tenang dan cenderung cepat seakan dikejar sesuatu. Padahal sebenarnya cukup santai saja dengan cara : Atur nafas dengan baik, tariklah nafas perlahan saat anda hendak mengucapkan kalimat dan jangan pernah mengucapkan kata saat anda hendak menarik nafas .  Pecayalah, peserta audiens  ingin anda berhasil dalam presentasi.

2.) Jangan Lihat Mata Audience, Tapi Lihatlah Atas Kepalanya, Kebanyakan orang yang grogi panggung disebabkan karena pengaruh terlalu banyak sorot mata yang memperhatikan, kalau misalkan anda tidak kuat melihat sekian ribu mata yang menyoroti mata anda yang hanya berjumlah dua .Tak perlu melihat matanya tapi lihatlah atas kepala audience, saya tidak pernah bergurau, inilah trik yang saya pakai saat saya menyampaikan pengumuman di sekolah.

 3.) Bacalah Doa, ada banyak doa agar kita lancar saat berbicara ,cuman saya sering memakai doa yang berlafal "Robbi Sohri Sobri waya Sirli amri Wahlul Ukdatam Minli sani Yapkohu Qouli ama Badhi"  Do'a tersebut di ucapkan sebelum membuka acara atau pidato dan sebaginya. 

4.)Percaya Diri, Tips lainya yaitu percaya diri, orang yang tidak Pd tidak akan mudah untuk mengtasi Groginya karena mereka terlalu sibuk memikirkan penampilan, jika anda ingin menghilangkan grogi anda. Hilangkanlah rasa tidak percaya diri di diri anda ,anda tidak perlu memikirkan penampilan saat berbicara, misalkan wajah yang kurang sempurna.Tapi anda harus pikirkan pembicaraan anda karena saat anda berbicara di depan umum bukan tampilan yang mereka lihat tapi kalimat yang anda ucapkan. 

5.) Sebelum maju luangkanlah waktu membaur dengan peserta ataupun panitia,untuk mencairkan grogi kita.

6.) Sugestikan & bayangkan bahwa kita adalah seorang pembicara yang luar biasa dan pasti membawakan materi dengan penuh semangat dan penuh antusias.

7.) Tanamkan pada pikiran kita, bahwa kita sangat paham dengan materi yang akan kita bawakan.

8.) Latihan, ini di perlukan karena setiap sesuatu yang berjalan lancara itu salah satu penyebabnya adalh karena giat latihan. Caranya mudah saja anda bisa berbicara di depan cermin dan perhatikan apa yang kurang kemudian perbaiki. Atau untuk latihan berpidato anda bisa cari contohnya di internet Banyak Kok !

saya akan memberikan tips bagaimana mengatasi grogi? Karena ternyata kita dapat mengurangi 75 % rasa grogi ini melalui persiapan yang mudah dan banyak latihan. 15 % dengan menarik nafas panjang, dan sisanya 10 % melalui persiapan mental. Kendalikanlah suara negatif di benak pikira kita.  Jejali pikiran kita dengan afirmasi-afirmasi positif yang dapat memberikan kekuatan dan keyakinan. Dan ingatlah selalu untuk memfokuskan pikiran kita pada peserta. Dengan demikian, tidak ada waktu untuk mengkhawatirkan diri-sendiri.
-----------------------------------
 Anda ingin belajar PUBLIC SPEAKING hubungi team kami
Call: 081946548000 di program kami MASTERING PUBLIC SPEAKING

Program Pelatihan SMT :
·         Leadership Training
·         Motivasi UAN
·         Motivasi Dahsyat
·         Spiritual Motivation
·         Mastering Public Speaking
·         Character Building Team
·         Outbound The Winner
·         Ramadhan berkah
·         Smart Teaching Guru
·         Ice Breakers  For Teacher
·         Service Excellence





Kontak Kami

Bila anda tertarikn dengan training kami, silahkan menghubungi kami melalui jalur dibawah atau pesan langsung disamping.

Alamat Kantor:

Jl.Lidah Wetan Gg 2,No 1 A ,Lakarsantri (Surabaya)

Jam Bekerja:

Senin - Sabtu dari jam 07.00 - 16.00 WIB

Nomor Telepon dan email:

081 946 548 000/085 235 012 770 (Wahyudi)

E-mail:

yudi.wah48@yahoo.com (Wahyudi)